Di rumah, ketika nancepin flashdisk di komputer, saya bingung, koq foldernya hilang semua ya? Yang nongol cuma file-file di root saja. Langsung deh pikiran negatif muncul. Jangan-jangan sama teman saya folder-folder itu dihapus? Atau dia pindahin ke laptopnya buat isengin saya? Ah.. tapi kayanya gak mungkin.
Usut punya usut, sisa space flashdisk saya tinggal sedikit. Kalau folder-folder itu dihapus, harusnyaavailable space-nya kan masih besar. Ternyata folder-folder itu masih ada! Saya coba ketik path ke folder-folder itu, ternyata masih bisa diakses dan file-file di dalam folder-folder itu masih ada. Tuduhan langsung tertuju ke virus. Ah.. mana saya mah kurang ngerti dan paling males soal virus-virusan :(
Saya scan flashdisk menggunakan antivirus andalan ESET Smart Security. Ketemulah si virus pacex.gen itu di flashdisk. Sesudah dihapus virusnya, tapi koq folder-foldernya masih tetap hiddenya? Saya coba set di Windows Explorer -> Tools -> Folder Options -> di bawah “Hidden files and folders”, pilihan “Show hidden files and folders” sudah dicentang. Tapi tetap folder-foldernya ngumpet juga :ask:
Akhirnya saya minta bantuan mbah Google. Cari-cari tentang virus pacex.gen itu, saya malah tambah bingung. Daripada pusing tentang virus, saya cari pakai kata kunci “folders are hidden” di google.co.id. Ternyata, di halaman pertama, di SERP nomor satu, muncul postingan blog ini:Menampilkan kembali file/ folder hidden « sisa waktu dengan keterangannya Virus-virus lokal yang muncul belakangan ini punya satu hobi yang mirip: ngumpetin file/folder, dengan mengeset atributnya menjadi hidden. …. Pas banget! Saya ke tkp, melakukan langkah-langkah saktinya :grin2:dan folder-folder saya pun langsung muncul kembali seketika :thumb5: Pemilik blog ini bernama Hanin.
Terima kasih ya mbak atau mas.. hehe maaf gak tau nih bloggernya cewe atau cowo, soalnya fotonya ada cewe dan cowo :grin3: Mungkin blog berdua ya? Pokoknya terima kasih sudah menjadi penyelamatku malam ini :clap:
So, dari pengalaman ini, hati-hati ya kalau mau minjemin flashdisk, memory card atau removable driveapa pun. Hati-hati virus!