Kamis, 12 Januari 2012

Manfaat internet secara umum


January 10th, 20120 Comments
Manfaat internet – Apa manfaat internet hari ini, khususnya bagi pendidikan dan pelajar. Secara garis besar ada ratusan bahkan ribuan maanfaat internet . tetapi selain manfaat tadi ada sederet dampak negatif internet baik bagi masyarakat maupun kepada pendidikan. Pada awal – awal di perkenalkannya internet, internet sudah memberikan manfaat yang luar biasa kepada masyarakat secara luas, Akses informasi bisa menjadi lebih mudah, komunikasi konvesional tergantikan dengan layanan email dan sebagainya ?.
Secara umum manfaat internet mengubah berkomunikasi, berinteraksi dan berbagi satu sama lainnya. Prinsip utama dalam internet, adalah berbagi, cepat dan tak terbatas ruang dan waktu, dan tentunya murah di banding bentuk komunikasi lainnya. Hari ini internet bukan saja bisa di nikmati oleh kalangan tertentu, tetapi hampir semua element masyarakat bisa memanfaatkannya.

manfaat internet bagi dunia pendidikan

manfaat internet
manfaat internet
Bagi dunia pendidikan, internet di manfaatkan sebagai wadah belajar bersama, ada yang namanya konsep e-learning, yaitu dimana pengajar dan siswa tidak perlu bertatap muka secara langsung. Tidak perlu berada dalam satu tempat yang sama, dan tidak perlu waktu bersamaan dalam melakukan proses ajar mengajar. Inilah beberapa bagain kecil dari manfaat internet bagi dunia pendidikan.
Pelatihan dan seminar online – Ini terkesan baru tapi saat ini ada banyak seminar dan pelatihan di lakukan secara online, antara perserta dan pemateri tidak perlu bertemu dalam satu tempat atau bahkan dalam waktu yang besamaan.

Manfaat internet sebagai Media komunikasi

Sebelum ada internet komunikasi paling populer adalah menggunakan telpon, tapi semenjak adanya internet media komunikasi menjadi beragam, dengan memanfaatkan internet komunikasi menggunakan layanan email, Voice over Internet Protocol  (VoIP) ada instant messeging menggunakan yahoo messenger yang bisa berbicara langung menggunakan video, google voice atau pun skype. Dengan kehadiran internet media komunikasi menjadi beragam, baca cara mempercepat koneksi internet

Manfaat internet bagi dunia usaha

Selain manfaat internet sebagai media komunikasi, internet saat ini juga di gunakan sebagai media transaksi antar bank, hampir semua bank sudah terintegrasi dengan baik dengan internet, untuk sekedar transfer atau cek isi rekening bisa di lakukan di internet.
  1. Manfaat internet sebagai tempat Belanja online – Manfaat internet yang satu ini semakin marak akhir – akhir ini, sobat tidak perlua bersusah – susah untuk menjual atau membeli barang. Cukup mengunjungi beberapa penyedia belanja online seperti amazon dan semacamnya sobat bisa mendapatkan barang yang sesuai dengan kebutuhan dan beragam alternatif pilihan yang ada. Satu hal yang menarik ketika berbelanja online adalah tidak adanya batasan waktu berapa lama dan dimana sobat ingin menawar suatu barang. Nampakanya hal ini yang membuat belanja online semakin marak.
  2. Manfaat internet sebagai  Bisinis online Saat ini bisnis online sudah menjadi salah satu alternatif untuk mencari pekerjaan, banyak orang menghabis waktu berjam – jam hanya untuk melakukan aktifitas ini. Saat ini ada banyak jenis bisnis online yang marak mulai jual beli barang dan jasa, adsense dan sebagainya.

manfaat internet kepada masyarakat

Saya rasa ini adalah adalah manfaat internet yang paling umum, untuk mencari informasi mengenai apa saja bisa di lakukan di internet, dengan memanfaatkan search enggine seperti google,wikipedia atau situs blog lainnya pencarian informasi bisa semakin mudah, Untuk mendapatkan informasi bisa menjadi cepat dan real time.
Sebenarnya masih banyak manfaat internet saat ini, yang paling utama adalah kemudahan dalam berbagi informasi satu dan lainnya. Adanya situs jejaring social seperti facebook atau twitter sangat – sangat berpengaruh dalam penyebaran informasi dan manfaat internet sangat di rasakan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More