Sabtu, 14 Januari 2012

KOMPUTER RESTART

KOMPUTER SERING RESTART
Komputer Sering Restart, ya komputer yang kita gunakan sehari-hari tidak selamanya bekerja secara terus menerus tanpa mengalami permasalahan, baik itu permasalahan yang mudah diatasi maupun permasalahan yang rumit. Namun tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan, semua ada jalannya tergantung kita mau berusaha atau tidak untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Komputer tidak sama dengan manusia akan tetapi cara kerjanya mirip manusia begitu juga ketahanan fisiknya juga hampir sama dengan manusia, semakin umur atau semakin tua kompter tersebut maka semakin banyak permasalahan yang timbul baik itu akibat karena ausnya komponen-komponen hardware atau juga karena disebabkan oleh software pengganggu seperti virus.
Pada postingan artikel ini kami mencoba memberikan tips untuk mengatasi permasalahan yang menyebabkan komputer sering restart dilihat dari hardwarenya.
PERMASALAHAN
Komputer sering restart disebabkan oleh kerja prosesor yang tidak stabil karena meningkatnya suhu pada prosesor itu sendiri, dan meningkatnya suhu pada prosesor di akibatkan oleh tidak baiknya pertukaran atau ventilasi udara disekitar prosesor.
Akibat dari tidak baiknya terjadi pertukaran udara yang kurang baik karena disebabkan oleh tersumbatnya saluran-saluran yang terdapat pada prosesor dan headsink tertutup oleh kotoran dan debu.
LANGKAH PERBAIKAN
Jika komputer sudah lama digunakan namun jarang untuk dirawat maka hal ini bisa terjadi karena daerah headsink terjadi penyumbatan saluran pembuangan udara panas yang dihasilkan oleh kerja prosesor itu sendiri sehingga perlu dilakukan pembersihan secara manual.
Pembersihann headsink prosesor dapat dilakukan dengan cara sederhana berikut ini :
Matikan komputer anda dan lepaskan hubungan listrik ke komputer dan tunggu hingga beberapa saat untuk memberikan kesempatan proses pendinginan prosesor karena selama bekerja suhu pada prosesor meningkat bisa mencapai 45 derajat (kira-kira 10 menit).
Setelah terasa cukup dingin headsinknya bisa dilepas dan pisahkan bagian pendingin dengan kipas/fan yang terpasang pada headsink. Bersihkan kipas dengan kuas dan bersihkan headsink menggunakan kuas atau bisa juga mencuci dengan air.
Setelah selesai melakukan pembersihan terhadap headsink dan fannya, selanjutnya proses pengeringan headsink dengan melap dengan kain kering atau bisa juga dijemur. Ingat !! sebelum memasang kembali headsink dan kipas yakinkan terlebih dahulu bahwa headsink yang sudah dibersihkan tadi sudah benar-benar kering, ini dilakukan agar terhindar dari kejadian yang tidak kita harapkan seperti terjadinya hubungan pendek/korsleting.
Pasang kembali fan pada headsink seperti semula kemudian pasang kembali headsink beserta fannya pada prosesor kemudian hidupkan kembali komputernya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More