Jumat, 30 Desember 2011

istilah dalam komputer

Bookmark :
Bayangkan jika anda menggunakan internet setiap hari. Anda pasti akan menemukan banyak website menarik. Lama kelamaan tentu anda akan mengalami kesulitan untuk mengingatnya satu per satu, bukan? . seperti halnya bookmark pada buku, istilah bookmark di internet juga berfungsi untuk menandai halaman web yang kemudian dimasukan ke dalam list tertentu. Dengan begitu, akan memudahkan anda jika ingin mengunjungi kembali website tersebut. Pada browser Internet Explorer, istilah bookmark dikenal dengan nama ‘Favorites’.

CRT :
CRT merupakan kependekan dari Cathode Ray Tube, teknologi yang digunakan untuk menampilkan gambar pada layar monitor computer atau TV. CRT bekerja dengan memantulkan cahaya electron melalui layar belakang tabung (vacuum tube). Tampilan belakang tube terbungkus fosfor berwarna merah, hijau dan titik-titik biru, yang memancarkan cahaya saat terbentur oleh electron. Tiap kali cahaya tersebut melewati layar, cahaya tersebut akan menyinari titik fosfor di dalam tabung kaca dan menerangi bagian layar yang aktif dimulai dari atas hingga bagian bawah layar sampai terbentuk sebuah gambar. Hal ini berlangsung dengan cepat

KILOBYTE :
Kilobyte (kepanjangan dari ‘KB’) merupakan istilah untuk kapasitas penyimpanan atau ukuran memori computer. Ukuran file dan folder pada computer juga menggunakan kilobyte. Sebenarnya, satu kilobyte sama dengan 1000 byte. Namun, dalam istilah computer, satu kilobyte sama dengan 1024 byte, sedangkan 1024 kilobyte berarti 1 megabyte(MB) dan 1024 MB sama dengan 1 gigsabyte(GB)


LCD:
Merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display. LCD merupakan istilah yang sering digunakan pada layar laptop. Dari namanya, apakah monitor ini benar-benar terbuat dari benda cair? Jawabannya “Ya” dan “Tidak”. Bahan yang digunakan LCD bersifat unik yang mengandung zat padat dan cair, namun lebih mendekati zat cair. Anda dapat merasakannya saat anda menekan jari anda pada layar LCD. Layar LCD terasa agak lunak, berbeda dengan monitor desktop yang terasa keras, saat jari anda menekan layar LCD, terlihat ada molekul seperti benda cair yang bergerak. Mungkin karena inilah dinamakan Liquid Crystal Display.

RSS :
RSS singkatan dari Realy Simple Syndication. RSS mirip dengan format XML. RSS umum digunakan pada website khusus (seperti weblog) yang akan memberitahukan para penggunanya jika ada berita, headline atau tema forum diskusi yang baru diupdate. Biasanya, pemberitahuan yang dikirimkan oleh RSS melalui email ini berupa informasi singkat mengenai berita yang baru di update. Sementara, berita lengkapnya bisa dilihat dengan mengklick link yang disertakan.

VoIP
VoIP merupakan singkatan dari voice over internet protocol (‘IP Telephony’). Teknologi ini memungkinkan panggilan telepon melalui internet. Dengan VoIP, anda dapat mengirimkan suara, fax dan informasi lain lewat internet. Dibandingkan dengan telepon biasa, biaya VoIP jauh lebih murah.
Posted in: Tulisan Fortofolio

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More