Sabtu, 31 Desember 2011

Pengenalan Dasar Jaringan Komputer dan Internet

Pengenalan Dasar Jaringan Komputer dan Internet. apakah anda selain main fb mengetahui pengenalan dasar tentang jaringan komputer serta internet yang sedang marak ini? Pengenalan Dasar Jaringan Komputer dan Internet sangat perlu kita ketahui walaupun hanya segelintir informasi namun dapat meruapakan ilmu yang sangat bermanfaat, jangan kita hanya memakai internet hanya untuk lihat wanita terseksi ataupun menggunakan gmail dan belajar daftar facebook, namun cobalah untuk memahami apa yang kita gunakan yakni komputer dan internet, pengenalan dasar ini mungkin akan sedikit berguna bagi anda yang di kutip dari wikipedia indonesia mengenai Pengenalan Dasar Jaringan Komputer dan Internet.

berikut kriteria dan pengelompokan Pengenalan Dasar Jaringan Komputer dan Internet tersebut

jaringan komputer

1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data

- Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server

- Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.

2. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:

- Jaringan LAN
merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.

- Jaringan MAN
Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.

- Jaringan WAN
Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT. Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.

3. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.

- Jaringan Client-Server
Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.

-Jaringan Peer-to-peer
Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.

4. Berdasarkan media transmisi data

- Jaringan Berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

- Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan. dan anda bisa juga download artikel full disini Pengenalan Dasar Jaringan Komputer dan Internet.

nah dengan kita mengetahui Pengenalan Dasar Jaringan Komputer dan Internet tersebut bolehlah kita menggunakan sebijak mungkin internet yang sangat open dan terbuka untuk umum, disana anda bisa melihat dan mencari informasi seperti antivirus gratis atau mencari windows media player classic bersama dengan directX 9.0c dan sebagainya, hmmm semoga dapat bermanfaat postingan Pengenalan Dasar Jaringan Komputer dan Internet ini.

Apa sih Virus Komputer itu??

Disebut virus komputer, karena program perusak ini memiliki banyak kesamaan dengan virus biologis yang telah lebih dulu dikenal. Keduanya memiliki pola penyebaran yang sama: Manusia yang terinfeksi sebuah virus akan menulari menusia lain yang melakukan kontak dengannya.

Kesamaan lainnya terletak pada pola reproduksinya. Karena tidak dapat mereproduksi dirinya sendiri, virus biologis menyuntikkan DNA-nya ke dalam tubuh manusia, dan memanfaatkan sistem reproduksi sel untuk berkembang biak. Hal yang sama berlaku pula pada virus komputer. Untuk meluncurkan serangan, virus komputer menunggangi sejumlah program atau dokumen lain.

Pada saat program atau dokumen yang telah terinfeksi dijalankan, virus komputer akan menginfeksi program atau file lainnya. Sifat-sifat khusus di atas yang membedakan virus dengan malware lain seperti worm, malware yang bisa menyebarkan dan menggandakan dirinya sendiri, atau spyware, malware yang biasanya berjalan sebagai program standalone.

Sejarah Virus

Virus komputer kali pertama menyebar pada akhir 1980-an karena beberapa faktor. Faktor pertama adalah meluasnya pemakaian PC. Sebelum 1980-an, komputer rumahan hampir dapat dikatakan belum ada atau hanya berupa mainan. Komputer yang sesungguhnya masih sangat jarang, dan hanya digunakan oleh "para ahli" dari kalangan tertentu.

Faktor kedua adalah penggunaan computer bulletin board. Orang-orang dapat men-dial up sebuah bulletin board menggunakan modem, dan men-download berbagai jenis program komputer yang paling populer pada masa itu adalah game, kemudian disusul oleh aplikasi word processor, spreadsheet, dan aplikasi produktif lainnya.

Bulletin board pulalah yang mengantarkan sebuah virus perintis yang dikenal sebagai trojan horse. Virus-virus generasi pertama tersebut merupakan sekumpulan kode yang disusupkan ke dalam program yang umum digunakan orang pada waktu itu, seperti game atau word processor populer.

Ketika seseorang men-download program yang telah diinfeksi, dengan kode-kode jahat tersebut dari bulletin board dan menjalankannya di PC, virus me-loading dirinya ke dalam memory, dan mulai bekerja mencari program lain yang akan diinfeksi. Selanjutnya, penularan virus terjadi bila program yang telah terinfeksi diberikan kepada pengguna lain, baik melalui media floppy disk maupun di-upload ke bulletin board.

Evolusi Virus

Salah satu perkembangan penting yang berhasil diraih oleh virus adalah kemampuannya masuk ke dalam memory, dan terus berjalan di belakang layar selama komputer menyala. Hal ini memberikan keleluasaan bagi virus untuk mereplikasi dirinya secara efektif.

Perkembangan penting lainnya adalah kemampuan menginfeksi boot sector pada floppy disk dan hard disk. Boot sector adalah program kecil yang merupakan bagian pertama dari operating system yang di-loading dari ke dalam memory, saat komputer pertama kali dinyalakan. Dengan meletakkan kode-kodenya pada boot sector, sebuah virus memastikan dirinya akan tereksekusi dan aktif di komputer.

Virus yang ada di boot sector dapat menginfeksi boot sector setiap floppy disk yang di masukkan ke dalam komputer yang telah terinfeksi. Banyaknya penggunaan komputer bersama seperi di rental komputer, warnet, atau kampus menjadikan penyebaran virus ini semakin tak terkendali.

Era kejayaan virus boot sector surut, karena ukuran program komputer yag semakin besar tak lagi muat dalam sebuah floppy disk. Sebagai gantinya, program-program komputer didistribusikan melalui CD yang tidak dapat ditulis (read only). Namun, siklus kehidupan selalu berputar. Apa yang pernah terjadi di masa silam, pasti akan terulang di masa depan.

Begitu pula dengan pola penyebaran virus komputer. Virus telah menemukan jalan lain untuk menyebarluaskan dirinya, yakni melalui email dan penggunaan USB flash disk. Penyebaran virus komputer via Internet bukan merupakan barang baru, namun telah berlangsung sejak era bulletin board.

Bila dulu virus disebarluaskan melalui bulletin board, sekarang mereka menggunakan email. Yang dikirim sebagai spam. Demikian pula dengan virus boot sector yang dulu mengincar floppy disk, dan sempat surut ketika media penyimpanan populer berubah menjadi CD, kini mengubah sasarannya menjadi USB flash disk

Macam-macam Topologi Jaringan secara fisik

Pengertian Topologi Jarngan
Topologi pada sebuah jaringan mutlak sangan dibutuhkan, karena fungsi dari topologi itu sendiri untuk menggambarkan sebuah jaringan secara fisik. Dengan begitu akan sangat memudahkan dalam pembangunan, pengembangan dan yang terpenting dalam menangani maintenen pada jaringan tersebut. Kenapa demikian? sebab pada topologi tersebut sudah tergambarkan di mana posisi dari setiap node. Topologi ini pun terbagi dalam beberapa macam, dan penggunaannyapun bisa di pilih sesui dengan dengan kebutuhan.
Topologi Bus
Topologi Ring
Topologi Ring merupakan topologi dengan bentuknya seperti ring/cincin. Pada topologi ini setiap node terhubung pada kedua sisi sehingga membentuk sebuah ring/cincin. Jika terjadi putus pada salah satu koneksinya maka semua node pada tipe jaringan ini tidak bisa melakukan komunikasi satu dengan yang lainnya, karena aliran komunikasi pada topologi ini hanya satu arah jarum jam.

Kelebihan dari Topologi Ring :
1 Hemat kabel
2 Tidak akan terjadi tabrakan pengiriman data (collision), karena pada satu waktu hanya satu node yang dapat mengirimkan data

Kekuragan dari Topologi Ring :
1 Peka kesalahan, sehingga jika terdapat gangguan di suatu node mengakibatkan terganggunya seluruh jaringan.
2 Pengembangan jaringan lebih kaku
3 Sulit mendeteksi kerusakan
4 Dapat terjadi collision[dua paket data tercampur]
5 Diperlukan penanganan dan pengelolaan khusus

Solusi Penanganan :
1 Menggunakan jaringan FDDI dimana agar topologi ini bisa melakukan komunikasi 2 arah.
Topologi Mash
Topologi Star
Topologi star sesuai namanya topologi ini berbentuk star, topologi ini memiliki sebuat konsentrator pada titik tengahnya. Pada umumnya konsentrator yang di gunakan adalah Hub dan Switch.

Kelebihan dari Topologi Star :
1 Kerusakan pada satu saluran hanya akan memengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
2 Tingkat keamanan termasuk tinggi.
3 Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
4 Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.

Kekurangan dari Topologi Star :
1 Jika nota tengah mengalami kerusakan, maka seluruh rangkaian akan berhenti.

Solusi Penanganan :
1 Perlunya disiapkan node tengah cadangan.
Topologi Tree

sistem operasi komputer dan handphone

Saat ini hampir semua orang pernah memakai komputer dan handphone. Nah untuk berinteraksi dengan komputer maka manusia memerlukan suatu software untuk membuat komputer dapat melakukan apa yang kita inginkan. Software yang digunakan untuk memanajemen penggunaan hardware komputer selain BIOS disebut sistem operasi. Terdapat banyak jenis sistem operasi untuk komputer dan handphone. Marilah kita bahas satu persatu.

Sistem Operasi untuk komputer:

1. UNIX
Termasuk sistem operasi yang paling awal ada untuk komputer. Merupakan induk dari sistem operasi linux.

2. DOS
Sistem operasi yang merupakan cikal bakal dari Microsoft Windows. Ciri khasnya yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam. Kalau mau mencobanya bisa lewat Start Windows - Run, lalu ketik cmd.
3. Novell Operating Sistem
Dibuat oleh Novell Corporation. Sistem operasi yang dulu pernaha digunakan oleh Fakultas MIPA UGM untuk Entry Key-In KRS mahasiswa.
4. Microsoft Windows
Merupakan sistem operasi yang paling populer. Hampir semua orang pernah memakainya. Beberapa versi Microsoft Windows yang terkenal: Microsoft Windows 98, 2000, Me, XP, Vista, dan yang paling terbaru Windows 7.
5. Apple Machintos
System operasi yang unggul dalam hal grafik. Memerlukan hardware khusus sehingga tidak dapat di-install di computer biasa. Versinya antara lain Mac OS X (Tiger), Leopard.
6. Linux
Pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvald. Merupakan sistem operasi open source artinya bisa dikembangkan oleh semua orang dengan bebas. Turunan linux atau yang dikenal dengan distro linux banyak sekali macamnya. Mungkin linux merupakan sistem operasi yang paling banyak. Beberapa di antaranya yaitu: Debian, Suse, Red Hat (Fedora), Slackware, Ubuntu, Backtrack, dan lain-lain
7. Solaris
Dikembangkan oleh Sun Microsystem. Lebih banyak digunakan untuk perusahaan.
8. Free BSD
Dibuat oleh Universitas Berkeley. Hampir sama seperti linux.

Sistem Operasi untuk handphone:
1. Symbian
Sistem operasi yang populer di kalangan para pengguna handphone. Kebanyakan handphone nokia menggunakan symbian sebagai sistem operasi. Versinya antara lain S40, S60, S9
2. Microsoft Windows Mobile
Sistem operasi yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk smartphone dan PDA. Tampilannya hampir sama dengan Windows pada komputer.
3. Palm OS
Sistem operasi yang digunakan pada PDA keluaran PALM.
4. Android
Sistem operasi untuk handphone yang akan diluncurkan Google. Android berbasis Linux sehingga termasuk open source.

definisi data komputer

Merupakan sekumpulan aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi.•Konsep dasar protokol adalah handshaking.•Melakukan 2 fungsi, membuat hubungan antara pengirim dan penerima, menyalurkan informasi dg keandalan yang tinggi Standarisasi Protokol•ISO ( International Standard Organization)OSI-Menjadi pedoman dalam pengembangan komunikasi-Mengatasi hubungan yg timbul antar pemakai dg cara memberikan fasilitas yg sama-Membagi permasalahan prosedure penyambungan-Open system à terminal dan peralatanProtokol TCP/IP•Transfer Control Protocol/Internet Protocol•Sebuah protokol yang digunakan pada jaringan internet.Arsitektur TCP/IP•Terdiri dari 3 elemen jaringan•Physical ConnectionMenyediakan media yang dilewati data biner pada saat dikirimkan, bisa berupa kabel coaxcial, kabel telp atau gelombang radio. Merupakan level terendah•ProtocolsMerupakan sekumpulan standard tentang tata cara yang harus diikuti oleh semua peralatan komunikasi•ApplicationsMenggunakan network protocols yang dipakai sebagai dasar untuk berkomunikasi pada saat network applications berjalan pada jaringanCara Kerja TCP•Mirip dengan cara kerja komunikasi telepon•Sebelum dapat berkomunikasi, maka dibangun satu jalur antara penghubung dan yg dihubungi. Setelah komunikasi selesai makan jalur akan dihancurkanIP ( Internet Protokol)•Berfungsi untuk mengatur pengalamatan•Komputer dapat diidentifikasi dengan alamat IP•Masing-masing berbeda satu sama lain•Dilakukan untuk mencegah kesalahan pada transfer data.•Bertugas menangani pendeteksian kesalahan.IP Address•Terdiri dari 32 bit à alamat yang dibuat untuk merepresentasikan alamat.•Terdiri dari 4 segmen dan setiap segmen terdiri dari 8bit.•00000000. 00000000. 00000000. 00000000 s/d 11111111. 11111111. 11111111. 11111111•Mampu menghubungkan komputer sebanyak232IP Versi 4•Contoh167.205.9.35167.205.22.123Jika dibinerkan10100111 11001101 00001001 0010001110100111 11001101 00010110 01111011•Alamat IP terdiri dari Network ID dan Host ID•Network ID menyatakan identitas dari jaringan dimana komputer berada•Host ID menyatakan identitas dari komputer itu sendiriPembagian Kelas IP•Kelas A (Untuk jaringan denganjumlah hsot besar)0 – 127 ( 0 dan 127 untuk dicadangkan )•Kelas B (Untuk jaringan besar dan sedang)128 -191•Kelas C ( Untuk jaringan kecil )192 – 223•Kelas D (keperluan multicasting)224 - 247•Kelas E ( keperluan experimen )148 - 255Aturan Network dan Host ID•Network ID 127.0.0.1tidak dapat digunakan karena mrpkan default untuk keperluan loop back.•Host IDtidak boleh semua bitPaket SwitchingKelebihan dari paket SwitchingJalur efisiensi yang lebih besarJalur dari simpul ke simpul dibagi secara di manamik beberapa paket sepanjang waktu.Paket diantrikan dan ditransmisi secepat mungkin.Konversi rate dataSetiap stasiun terhubung ke simpul lokal pada rate data yang sesuai.Simpul pengangga data di butuhkan untuk penyangga rate.Paket dapat diterima meskipun sedang sibukPengiriman dapat saja terlambat.Skala Prioritas dapat digunakanTeknik SwitchingStasiun pemecah pesan yang panjang dalam bentuk paketPaket dikirim segera ke jaringanPaket dikemas dalam 2 caraDatagram (sebuah paket data yang mengandung alamat terminal atau komputer yang dituju dan bersifat bebas/terpisah dari paket lain yang berkaitan dengan transaksi yang sama)Sirkuit VirtualRute sudah direncanakan dahulu, sebelum paket-paket dikirim.Koneksi dibangun antara permintaan dan penerimaan.Setiap paket mempunyai identifikasi sirkuit virtual sebagai alamat tujuan.Setiap paket dapat mencari jalur sendiri.Perbandingan Circuit Virtual dan DatagramCircuit VirtualJaringan dapat melakukan deretan dan kontrol kesalahan.Paket diteruskan lebih cepat(tidak perlu jalur khusus).Kurang handal (Simpul mengalami kegagalan seluruh sirkuit virtual yang melintasi simpul bisa hilang).DatagramPanggilan untuk setup fase dapat dihindari (lebih baik daripada paket-paket yang sedikit).Lebih Reksible (jika terjadi kegagalan paket berikutnya dapat menemukan rute pengganti).Operasi Eksternal dan Internal Circuit Vitual dan DatagramInterfase antara stasiun dan simpul Orientasi koneksiSemua paket diidentifikasikan sebagai milik koneksi logik tertentu dan diberi nomor berurutan, sebagai layanan Eksternal Virtual Circuit, mis. X2G.Tanpa KoneksiPaket ditangani terpisah, sebagai layanan External Datagram, yang berbeda dengan operasi Internal diagram. nya di set 1mis. 126.255.255.255 krn mrpkan alamt yang mewakili seluruh anggota jaringan•Netwok ID dan Host ID tidak boleh sama dengan 0 (0.0.0.0), krn IP Address dengan host ID 0 diartikan sebagai alamat network (alamat yang digunakan untuk menunjuk suatu jaringan tidak menunjuk suatu host )•Host ID harus dlm satu network.

manfaat komputer dalam kehidupan sehari-hari

Komputer dalam kehidupan saya sehari-hari,
Di era globalisasi seperti saat ini, “teknologi komputer” bukanlah hal asing lagi bagi kita. Tak hanya orang dewasa saja yang memanfaatkan komputer, anak kecil zaman sekarang pun sudah ikut-ikutan menggunakan teknologi yang satu ini.
Komputer sendiri adalah teknologi ciptaan manusia yang pada dasarnya adalah untuk menyimpan dan mengolah suatu data. Dalam kehidupan sehari-hari saat ini, komputer adalah barang yang sangat penting. Hampir semua kantor, instansi pemerintahan, bahkan sekolah pun sudah memakai teknologi komputer
Setiap hari saya menggunakan komputer untuk social, bisnis, juga untuk pendidikan, di bawah ini saya akan menjelaskan dua kegunaan penting komputer
Pertama, kegunaan komputer yang sangat membantu kita adalah kemampuannya untuk memecahkan berbagai masalah dalam waktu yang sangat cepat, seperti perhitungan matematika dan kita juga bisa membuat dokumen dengan sangat cepat menggunakan perangkat yang satu ini.

Kegunaan dari komputer yang kedua adalah JELAS!! untuk hiburan. Disaat kita sedang stress dengan pekerjaan, manfaat computer yang satu ini bisa kita gunakan untuk menghibur diri. Ada banyak sekali yang bisa anda mainkan, mulai dari permainan kartu hingga bermain bola seperti PES 2011. Dengan berbagai macam permainan, mulasi dari yang gratisan maupun yang berbayar, anda bisa menghibur diri hingga anda merasa lebih baik dan tidaka penat laig untuk melanjutkan pekerjaan.

Maaf kalo ada kesalahan karena kesalahan datangnya dari saya dan kebenaran selalu datang dari allah

Jumat, 30 Desember 2011

penertian jaringan komputer

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.

Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam Internet berlipat ganda.

Penjelasan tentang Internet dan Kasus yang berhubungan komputer Masyarakat

Penjelasan tentang Internet dan Kasus yang berhubungan komputer Masyarakat
Internet (Interconnected Network) merupakan jaringan (network) komputer yang terdiri dari ribuan jaringan komputer independen yang dihubungkan satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer ini dapat terdiri dari lembaga pendidikan, pemerintahan, militer, organisasi, bisnis dan organisasi lainnya. Internet atau nama pendeknya Net merupakan jaringan komputer terbesar di dunia yang terbesar di dunia.

Internet sebagai wujud, konvergensi telematika (perpaduan teknologi komputer, media, dan teknologi informasi) telah menghasilkan kemudahan dalam mengatasi permasalahan geografis, sehingga berbagai aktifitas manusia tidak terhalang dengan jarak, ruang, dan waktu. Saat ini internet telah menghubungkan lebih dari 100.000 jaringan komputer di dunia dengan pemakai lebih dari 100 juta orang. Keadaan ini membuat kejahatan komputer meningkat dengan amat cepat.

-Kasus yang berhubungan dengan komputer Masyarakat
a. Akses tidak sah dan Penggunaan secara tidak sah (unauthorized access and unauthorized use)
b. Penipuan dan pencurian informasi (fraud and information theft)
c. Pelanggaran- pelanggaran (associated offence)

istilah dalam komputer

Bookmark :
Bayangkan jika anda menggunakan internet setiap hari. Anda pasti akan menemukan banyak website menarik. Lama kelamaan tentu anda akan mengalami kesulitan untuk mengingatnya satu per satu, bukan? . seperti halnya bookmark pada buku, istilah bookmark di internet juga berfungsi untuk menandai halaman web yang kemudian dimasukan ke dalam list tertentu. Dengan begitu, akan memudahkan anda jika ingin mengunjungi kembali website tersebut. Pada browser Internet Explorer, istilah bookmark dikenal dengan nama ‘Favorites’.

CRT :
CRT merupakan kependekan dari Cathode Ray Tube, teknologi yang digunakan untuk menampilkan gambar pada layar monitor computer atau TV. CRT bekerja dengan memantulkan cahaya electron melalui layar belakang tabung (vacuum tube). Tampilan belakang tube terbungkus fosfor berwarna merah, hijau dan titik-titik biru, yang memancarkan cahaya saat terbentur oleh electron. Tiap kali cahaya tersebut melewati layar, cahaya tersebut akan menyinari titik fosfor di dalam tabung kaca dan menerangi bagian layar yang aktif dimulai dari atas hingga bagian bawah layar sampai terbentuk sebuah gambar. Hal ini berlangsung dengan cepat

KILOBYTE :
Kilobyte (kepanjangan dari ‘KB’) merupakan istilah untuk kapasitas penyimpanan atau ukuran memori computer. Ukuran file dan folder pada computer juga menggunakan kilobyte. Sebenarnya, satu kilobyte sama dengan 1000 byte. Namun, dalam istilah computer, satu kilobyte sama dengan 1024 byte, sedangkan 1024 kilobyte berarti 1 megabyte(MB) dan 1024 MB sama dengan 1 gigsabyte(GB)


LCD:
Merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display. LCD merupakan istilah yang sering digunakan pada layar laptop. Dari namanya, apakah monitor ini benar-benar terbuat dari benda cair? Jawabannya “Ya” dan “Tidak”. Bahan yang digunakan LCD bersifat unik yang mengandung zat padat dan cair, namun lebih mendekati zat cair. Anda dapat merasakannya saat anda menekan jari anda pada layar LCD. Layar LCD terasa agak lunak, berbeda dengan monitor desktop yang terasa keras, saat jari anda menekan layar LCD, terlihat ada molekul seperti benda cair yang bergerak. Mungkin karena inilah dinamakan Liquid Crystal Display.

RSS :
RSS singkatan dari Realy Simple Syndication. RSS mirip dengan format XML. RSS umum digunakan pada website khusus (seperti weblog) yang akan memberitahukan para penggunanya jika ada berita, headline atau tema forum diskusi yang baru diupdate. Biasanya, pemberitahuan yang dikirimkan oleh RSS melalui email ini berupa informasi singkat mengenai berita yang baru di update. Sementara, berita lengkapnya bisa dilihat dengan mengklick link yang disertakan.

VoIP
VoIP merupakan singkatan dari voice over internet protocol (‘IP Telephony’). Teknologi ini memungkinkan panggilan telepon melalui internet. Dengan VoIP, anda dapat mengirimkan suara, fax dan informasi lain lewat internet. Dibandingkan dengan telepon biasa, biaya VoIP jauh lebih murah.
Posted in: Tulisan Fortofolio

ILMU KOMPUTER

Ilmu komputer (Ilkom), atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Computer Science (CS), secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisa abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak(software), sementara tenkik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware). Namun demikian, kedua istilah tersebut sering disalah-artikan oleh banyak orang.
Pengertian Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan info hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide relu, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolahan informasi."

Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.

Bagian-bagian komputer

Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware)
Perangkat keras

* Prosesor atau CPU sebagai unit yang mengolah data
* Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
* Hard drive, media penyimpanan semi permanen
* Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet
* Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer

Perangkat lunak

* Sistem Operasi

Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.

* Program Komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya

PENTINGNYA KOMPUTER SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN

Bayangkanlah seorang karyasiswa yang tertarik untuk mempelajari pusaran air laut. Dengan bantuan komputer dia mulai melakukan pelacakan literatur memanfaatkan fasilitas basis data di perpustakaan universitas dengan mengandalkan kata?kata kunci tentang pusaran air laut. Untuk jasa ini, permasalahannya adalah masalah biaya yang akan sebanding dengan waktu penggunaan komputer. Cara perburuan semacam ini jauh lebih singkat dan menghemat tenaga.

Setelah memperoleh bahan?bahan yang diperlukan, sang siswa lalu mendiskusikannya dengan pembimbing dalam pemilihan suatu topik baru dan belum pernah diteliti orang lain. Akhirnya pilihannya jatuh pada studi medan alir pusaran air laut. Untuk maksud tersebut, sang siswa perlu menghitung beberapa parameter yang menyusun suatu medan alir. Hal ini berarti perlunya informasi tentang metoda penghitungan parameter tersebut.

Katakanlah, dia berhasil menemukan makalah yang membahas tentang metoda penghitungan parameter yang diusulkan oleh seorang ilmuwan. Dengan menggunakan teknik aljabar komputer MACSYMA [1] atau MAPLE [2], solusi metoda tersebut diujinya. Jika solusi tersebut bisa dibuktikan kebenarannya secara matematis, persoalan lain telah menunggu yakni pengujian beberapa kasus fisis sederhana yang solusi teoritisnya sudah diketahui. Pemilihan suatu kasus sederhana dan umum dari berbagai kemungkinan kasus fisis yang ada merupakan seni tersendiri dan amat ditentukan oleh indera keilmuan sang siswa.

Setelah menetapkan pilihan pada suatu kasus tertentu, Kembali lagi komputer berperan dalam proses simulasi yakni membuat data buatan kasus fisis tersebut untuk dihitung parameter?parameter medan alirnya menggunakan metoda di atas. Hasil simulasi ini yang kemudian dicocokkan dengan perhitungan teoritis.

Dalam tahap pemrosesan data buatan inilah, timbul beberapa permasalahan diantaranya bising (noise). Bising ini bisa disebabkan oleh proses penghitungan misalnya penggunaan rumus turunan/differensial secara numeris atau bising yang sengaja dicampurkan ke dalam data buatan. Bising buatan ini merupakan antisipasi awal dalam menangani persoalan yang ditemui dalam pengukuran di laut yakni ketidaktepatan penentuan salah satu besaran fisis tertentu. Untuk mengatasi pengaruh kedua jenis bising ini, salah satu teknik yang memodifikasi teknik Transformasi Fourier Cepat dapat diajukan sebagai alat pembuat berbagai jenis filter.

Setelah melalui beberapa tahap di atas, sang siswa memperoleh informasi tentang kemampuan dan keterbatasan suatu metoda. Dengan mengetahui kemampuan metoda itu berarti ia atau pemakai lainnya menjadi yakin akan temuan yang diperoleh. Sedangkan menyadari akan keterbatasannya berarti alternatif pemecahan menjadi terbuka lebar melalui upaya penyempurnaan metoda yang sudah ada, pengembangan metoda lainnya atau pun pendayagunaan beberapa teknik pengolahan data yang ada, misalnya teknik penjendelaan [3] dan teknik perata?rataan [4].

Contoh diatas merupakan proses belajar yang umum dialami oleh para karyasiswa Indonesia yang sedang belajar di luar negeri. Tampak berbagai disiplin ilmu dan komputer bergabung membantu proses belajar. Karena proses ini merupakan salah satu komponen pendidikan, kami menyimpulkan bahwa komputer akan memegang peranan penting sebagai alat bantu dalam pendidikan di Indonesia.

Penggunaan komputer dalam pendidikan di AS antara lain disebabkan oleh adanya kebutuhan AS utk mengajar murid yang jumlahnya besar dalam waktu yang singkat. Komputer pertama kali dipakai sebagai media pendidikan di pabrik-pabrik, bukan disekolah. Seperti diketahui AS juga pernah secara gencar menggunakan media TV utk mengajar, tetapi hasilnya ternyata tidak seperti yang diinginkan.

Mula-mula program belajar dengan komputer (courseware) tampil dalam bentuk latihan soal, tutorial, dan simulasi hukum-hukum alam. Dengan makin berkembangnya kemampuan komputer (misalnya dalam menampilkan gambar), perangkat lunak latihan soal dirasakan tidak memanfaatkan kemampuan sesungguhnya yang ada pada komputer. Keadaan bertambah runcing dengan perkembangan pengetahuan di bidang kognitif, seperti munculnya teori-teori tentang human information processing. Akibatnya para ahli dibidang komputer dan kognitif melihat bahwa komputer untuk pendidikan dapat berfungsi lebih dari sekedar alat mempresentasikan materi pelajaran. Komputer harus dapat meningkatkan cara berfikir seseorang. Hal ini dapat dicapai misalnya dengan bantuan bidang AI (artificial intelligence).

"peningkatan cara berfikir" ini dirasakan penting karena perkembangan teknologi yang sangat pesat mengharuskan seseorang untuk mempunyai ketrampilan belajar (cara berfikir) yang tinggi. Dengan kata lain, proses belajar merupakan proses pembentukan pengetahuan bukan proses menhafal pengetahuan. Jadi kita dapat menggunakan pengetahuan yang telah kita miliki untuk membangun pengetahuan yang baru.

Dibandingkan dengan media pendidikan yang lain, seperti overhead, tv, dan film, komputer itu lebih memungkinkan utk membuat sang murid menjadi "aktif" bermain-main dengan informasi. Perangkat lunak dapat dibuat agar interaktif. Hal ini sukar dicapai oleh media lainnya. Hal lain yang menarik, perangkat lunak untuk pendidikan dapat di sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing murid. Hal ini memungkinkan murid-murid untuk berkembang sesuai dengan keadaan dan latar belakang kemampuan yang dimiliki. Murid yang memang mampu belajar dengan kecepatan tinggi tidak perlu menunggu rekan lainnya yang memerlukan waktu lebih dalam memahami materi pelajaran.

Rabu, 28 Desember 2011

Komponen dalam merakit komputer PC

Mengenal Komponen Komputer
16 06 2009

Sebuah komputer merupakan gabungan dari 13 komponen dimana satu sama lain saling terintegrasi, sehingga jika salah satu komponen tidak berfungsi, maka komputer tersebut tidak akan berfungsi dengan baik.
Tetapi adakalanya salah satu komponen tersebut meski tidak berfungsi dengan baik, tetapi komputer tetap bisa bekerja, hanya pada fungsi komponen tersebut saja yang tidak dapat digunakan tetapi tidak mengganggu proses kerja komputer tersebut. Misalnya pada soundcards, atau modem, meskipun kedua jenis komponen tersebut tidak dapat dioperasionalkan, komputer tetap dapat dihidupkan. Tetapi akan berbeda jika komponen yang mati adalah processor atau RAM atau monitornya. Untuk merakit sebuah komputer diperlukan komponen-komponen sebagai berikut :

1. Mainboard

2. Processor

3. RAM (SD RAM/DD RAM)

4. Disk Drive/Floppy disk

5. Hard disk

6. Casing yang memiliki power supply tinggi 240 watt atau lebih

7. CD ROOM/DVD ROOM read or write

8. Speaker

9. Keyboard

10. Mouse

11. Monitor

12. VGA

13. Soundcard

Komponen diatas merupakan komponen standard pada sebuah PC. Selain itu juga ada komponen optional/pilihan dapat dipasang untuk melengkapi kebutuhan tersebut, seperti modem, printer, scanner, network cards dan UPS/Stabilizer.

Untuk mendapatkan satu unit komputer yang bagus dan murah kita harus pandai-pandai memilih dan memilah produk mana yang akan dipakai, seperti misalnya MB ada lebih dari 50 macam merk, sedang masing-masing merk mengeluarkan series yang beraneka ragam. Untuk itu perlu informasi sebelum memutuskan komponen mana yang akan dipakai. Berikut ini akan dibahas tentang komponen tersebut juga pertimbangan-pertimbangan sebelum memutuskan untuk merakitnya.

1. Mainboard (MB)

mainboardBanyak pabrik yang menawarkan Main Board dengan segala kelebihannya, tetapi kita dapat memilih sesuai dengan isi kantong atau kemampuan dana yang tersedia. Main board yang beredar di pasaran memiliki variasi yang sangat banyak ragamnya, sehingga sebelum memilih atau membeli main board perlu beberapa pertimbangan antara lain:

Apakah MB tersebut dapat menunjang komponen lain, seperti VGA, Modem, TV Toner dan lain-lain yang berkaitan dengan operasional komputer.
Jika pertimbangan harga, maka fasilitas internal board atau onboard yang ada di dalamnya sebaiknya yang dipilih. Hal ini dapat menghemat biaya seperti VGA, Soundcard, Modem dan LAN cards, tetapi tidak semua jenis MB menggabungkan fasilitas-fasilitas tersebut dalam satu paket MB.
Perhatikan berapa banyak slot PCI yang tersedia, apakah ada atau tidak. Jika komponen onboard mengalami masalah, agar dapat digantikan dengan komponen eksternalnya.

Pemilihan paket MB yang baik adalah dari produsen yang menyertakan spesifikasinya, sehingga akan mudah di kemudian hari jika ingin ditingkatkan kinerjanya. Perhatikan dalam spesifikasi MB tersebut utamanya pada kemampuan Processor Support, Memory support, Expansion Slots, Power Supply & Management, Graphics System, On-board I/O port, Hardware monitoring dan komponen lain yang tersedia pada MB tersebut.

Pada keterangan yang diberikan atas MB bersangkutan adalah pada Processor support hingga xx Gega, dan clock scheme yang terpasang, juga tentang Memory support juga dijelaskan jumlah slotsnya dan maksimum memory yang dapat dipasang.

Tingkat kebutuhan pada komputer sangat bervariasi, namun pada dasarnya dapat dikelompokkan menjadi kebutuhan untuk perkantoran dan perorangan. Untuk kegiatan perkantoran terdiri atas : Kebutuhan untuk database kepegawaian, analisa data penelitian, dan geographics sedangkan untuk perorangan segi hiburan lebih dominan. Untuk itu spesifikasi komponen yang dibutuhkan sangat berbeda.

Untuk komputer perorangan lebih mengutamakan hardware yang dapat mensuport video graphics dan RAM yang tinggi, disamping multimedia yang lebih menonjol ketimbang untuk kebutuhan kantor. Untuk itu MB yang harus dipilih pada komputer perorangan adalah yang memiliki slot VGA AGP yang bagus (8 atau 16x), dan memiliki chache memory board tinggi.

2. Processor

prosesor Semakin tinggi kemampuan processor yang dipilih semakin mahal harganya. Tidak cukup itu, yang menjadi pertimbangan adalah apakah MB dapat mensuport? Hal ini jauh lebih penting, sebab Main Board adalah yang lebih menentukan. Jenis processor dimulai dari 8086/8087-XT hingga Pentium IV-2.8 GB dan banyak produsen yang mengeluarkan produk ini diantaranya:

Intel Pentium, IBM, AMD, CYRICS dan masih banyak lagi semua memiliki kelebihan dan kekurangan, juga mempunyai pasar yang berbeda. Hanya di Asia khususnya di Indonesia semua produk ini bisa masuk dan diterima.

Intel yang beredar dalam pasaran, banyak ragamnya ada yang menggunakan BOX atau TRAY (kodian). Jika diperhatikan ada perbedaan harga meski menurut pengakuan pedagang kedua barang tersebut tidak berbeda kualitas, alasan mereka untuk biaya box diperlukan tambahan harga 5 s/d 7 US$.

Pemilihan processor dapat disesuaikan dengan kebutuhan dasar kita, apakah untuk kegiatan yang memerlukan kecepatan tinggi atau tidak. Jika kebutuhan terbatas pada kegiatan administrasi, seperti pengetikan dan pembuatan tabel-tabel sederhana, maka komputer yang diperlukan tidak lagi yang berkecepatan tinggi, barangkali cukup Pentium 2 atau 3 saja bahkan kalau perlu Pentium 1 sudah mencukupi. Terkadang kita

kalau bertanya kepada pedagang mereka memberi saran yang menyesatkan. Kalau dana yang tersedia cukup tidaklah menjadi masalah, tetapi kalau dana yang terbatas maka akan mubazir.

Untuk memilih processor, beberapa pertimbangan yang harus dilakukan yaitu :

Seberapa besar kebutuhan data yang akan kita olah
Seberapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu pekerjaan tersebut, dan
Seberapa banyak dana yang tersedia untuk itu.

3. Random Acces Memory (RAM)

RAM Pada awalnya komputer menggunakan SIMM RAM, EDO RAM, SD RAM, dan pada saat ini DD RAM. Semua ini adalah alat pemacu proses kecepatan. Pemilihan jenis dan besarnya RAM juga tergantung dari MB yang ada, apakah dapat mensuport atau tidak. Setiap MB memiliki batas maksimum dalam pemakaian RAM. Ini dapat dilihat dari spesifikasi dari MB tersebut.

RAM yang ada di pasaran sangat bervariasi baik jenis maupun kemampuan besarnya, demikian juga harga yang ditawarkan. Dari berbagai macam dan jenis tersebut pada dasarnya dijamin sepanjang hidup. Ada yang perlu diperhatikan dalam pemilihan jenis RAM ini, pertama jumlah chipsnya dan kedua pabrik yang mengeluarkan, sedangkan untuk harga relatif sama.

Untuk meningkatkan kinerja komputer khususnya yang aplikasinya berbasis Windows, maka peran RAM sangatlah menentukan khususnya dalam kecepatan akses program sehingga dapat menjalankan lebih dari satu perintah program. Misalnya untuk membuka dua aplikasi sekaligus Word dan Excel secara bersama-sama, atau mengetik sambil mendengarkan lagu dan lain sebagainya, maka peran RAM sangat menentukan.

4. Disk drive/Floppy disk

Floppy disk banyak macam produknya, tetapi semua memiliki kemampuan dan harga yang relatif sama. Umumnya floppy disk ini sebagai alat komunikasi antara satu komputer dengan komputer lainnya, dimana dengan cepat kita mendapatkan dokumen dari satu komputer ke komputer lain. Inipun terbatas pada data 1,4 MB, dan jangan lupa floppy ini sering menjadi penyebab terinfeksinya komputer kita karena virus yang

dibawanya dari komputer lain tersebut. Untuk itu proteksi pada komputer sangat penting, agar dapat menolak masuknya virus tersebut. Pada saat ini banyak program anti virus yang dapat dipergunakan, meskipun tidak semua anti virus tersebut berfungsi dengan sempurna, tetapi sebagai langkah prefentif perlu dilakukan. Masing-masing anti virus memiliki kekurangan dan kelebihan.

Oleh karena peranan yang diembannya cukup penting, maka kesehatan floppy perlu diperhatikan dan dijaga sebaik mungkin. Cara yang effektif dalam menjaga agar floppy bekerja baik adalah secara rutin dipakai membaca dan menulis serta membersihkan dengan menggunakan disk cleaner yang ada.

Sering dijumpai pada saat kita hendak menulis kedalam floppy, tiba-tiba tidak dapat dilakukan, sehingga diduga flopy yang rusak, padahal belum tentu. Namun bila pada saat membaca/menulis data ada suara yang keras atau berisik dari floppy disk tersebut, berarti floppy tersebut memang rusak.

Sebenarnya banyak kerusakan floppy disebabkan dari disket itu sendiri yang mungkin dalam kondisi berjamur/berdebu sehingga debu tersebut menempel pada headnya dan floppy tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik.

5. Hard drive

HDD

Hard drive adalah media untuk menyimpan data dan sebagai sistem untuk menjalankan semua program yang ada pada computer. Jenisnya sangat banyak dari bermacam-macam perusahaan hard drive.

Hard disk memiliki keterbatasan waktu pakai, tetapi lamanya tergantung dari frekuensi pemakaian dalam komputer tersebut. Jika dinyalakan nonstop 24 jam, maka usia hardisk tersebut tidak lebih dari 2 tahun atau ekuivalen dengan 6000-7000 jam saja.

Untuk itu perlu dilakukan pergantian antar waktu, dan jangan lupa memback-up data yang sudah tersimpan. Hard disk tidak bisa bisa diperbaiki oleh sembarang orang, hanya pabrik yang mengeluarkan produk tersebut yang dapat memperbaikinya. Itupun terbatas pada mekanik, sedang kerusakan yang diakibatkan oleh sector yang rusak, tidak bisa diperbaiki dan harus diganti dengan yang baru.

Proses pembuatan hard disk sendiri terdiri atas lapisan magnetic yang disemprotkan pada bagian permukaan plat secara halus dengan teknologi tinggi (Susan B. Sasser dkk, 1996). Seperti halnya floppy disk maupun cdroom, maka proses pembuatan hard disk adalah sama. Jika head floppy disk bentuknya besar, maka pada hard disk lebih kecil. Disamping itu setiap piringan pada hardisk harus berputar dengan kecepatan tinggi, sehingga wajar kalau dalam kurun waktu tertentu arus diganti dengan yang baru.

Pada hard disk yang berkecepatan rendah (5400 rpm) biasanya harganya lebih murah dibanding dengan yang berkecepatan tinggi yaitu 7200 rpm, meski dengan jumlah kapasitas yang sama. Untuk hard disk yang berkecepatan tinggi lebih sering dijumpai pada pengguna server untuk jaringan (Network). Sedang untuk yang berkecepatan rendah biasanya digunakan pada komputer pribadi dirumah-rumah atau dikantor yang tidak menggunakan jaringan.

Keuntungan menggunakan yang berkecepatan tinggi adalah untuk akses program maupun menyimpan data lebih cepat, tetapi dalam tanda kutip bahwa beda antara keduanya tidak terlalu mencolok, sehingga tidak dapat dilihat dengan jelas bedanya.

Seiring dengan teknologi yang berjalan, maka pada produksi akhir-akhir ini, terutama untuk yang berkapasitas besar, pabrik berani memberikan garansi 1-2 tahun. Ini cukup beralasan karena semakin besarnya ruangan yang tersedia, dan dengan kemajuan teknologi maka kelemahan-kelemahan yang terjadi sebelumnya dapat diatasi pada saat ini.

Sayangnya tidak semua produsen memiliki iktikat yang baik dalam mengatasi persaingan, mereka mengabaikan mutu hard disk yang diproduksinya demi mengejar persaingan harga. Pada akhirnya konsumen dapat memilih sendiri mana produksi yang menurut dia baik dan mana yang kurang baik.

Struktur hard disk

Pada dasarnya hard disk yang terpasang memiliki bentuk fisik yang sama, tetapi yang membedakan adalah kapasitas dan tingkat kecepatannya. Ini hanya dapat dilihat dari label yang menyertainya, sepintas memang tidak ada bedanya. Secara fisik jika hard disk itu dibuka, maka yang terlihat adalah bentuk lempengan dan dua head yang berada di atas maupun pada bagian bawahnya, kedua sisi head ini akan membaca track dan setiap track terdiri atas beberapa sector.

Jadi besar kecilnya hard disk adalah tergantung dari jumlah lempengan yang ada. Hard disk yang ada pada saat ini terdiri atas (1) Modified Frequency Modulation (MFM) dan (2) Run Length Limited (RLL). Hard disk dengan teknik MFM memakai 17 sektor per track, sedangkan teknik RLL menggunakan 26 sektor per tracknya dengan demikian dapat lebih banyak menyimpan informasi juga. Pada teknik RLL juga diperlukan permukaan yang berkualitas tinggi.

Pertimbangan untuk memilih hard disk :

Sebesar apa data yang akan kita koleksi
Sejauh mana kebutuhan kita dalam mengkoleksi data?
Komputer yang akan dibeli atau yang kita miliki mempunyai spesifikasi seperti apa. Ini penting karena beberapa komputer lama ada keterbatasan dalam membaca hard disk yang memiliki kemampuan besar
Usahakan membeli yang baru, mengingat kekuatan hard disk sangat ditentukan oleh waktu jam pakai.

6. Casing

Casing untuk komputer berprocessor s/d 2 (P II) adalah model AT. Setelah perubahan tingkatan menjadi P III dan IV maka casing menyesuaikan powernya dengan menambah fasilitas dan daya serta design maka menjadi ATX. Perbedaan pada kedua jenis casing ini adalah pada output power dan jenis soket untuk menunjang MB yang ada.

Pada beberapa casing yang ada di pasar, penampilan bentuk sangat banyak variasinya, sehingga menarik bagi pembeli. Tetapi yang paling penting diperhatikan dalam memilih casing adalah kekuatan pada power dan jumlah kipas sebagai pendingin/fan.

Pada saat ini trend casing yang ada di pasar kembali pada model desktop lagi, dengan variasi lampu dan socket USB yang dirancang di bagian depan. Penampilan tersebut sangat menarik dan merupakan bagian dari strategi para produsen komputer, dengan harga sekitar 300 ribu rupiah.

Pertimbangan sebelum membeli casing :

Power supplynya memiliki output berapa Watts
Banyaknya kabel output untuk keperluan pendingin dan jumlah kipas/fan yang terpasang
Bentuk dan beberapa animasi/pernak-perniknya.

7. CD ROOM/DVD ROOM Read or Write

ROOM

Banyak jenis CD DRIVE yang beredar, tetapi prinsip kerjanya sama, sebagai media baca dan tulis. Untuk media tulis harganya 2 kali dari harga CD DRIVE untuk baca. CD DRIVE dengan kemampuan baca yang tinggi pada saat ini sudah mencapai 56x, tidak ada perbedaan yang signifikan antara yang berkecepatan rendah dengan yang berkecepatan tinggi dalam hal penayangan gambar maupun lagu. Perbedaan baru terasa dalam hal transfer data atau pembacaan data saja.

Pada saat ini juga sudah berkembang DVD, baik media baca maupun tulisnya. Perbedaan yang nyata pada kedua jenis drive ini adalah untuk DVD tampilan gambar yang dihasilkan cukup tajam dibanding yang dihasilkan oleh VCD, demikian juga dalam hal tulisnya, kemampuan DVD jauh lebih besar.

Pertimbangan pemilihan CD DRIVE :

Sebesar apakah data yang akan kita transfer/baca setiap saat
Spesifikasi komputer yang ada
Frekuensi pemakaian antara pembacaan data dengan penggunaan multimedia lebih banyak mana
Kondisi dana yang tersedia
Merk dan jenis CD DRIVE yang akan dibeli.

8. Speaker

Bagi kita yang senang dan hobi bermain musik maupun game yang banyak mengeluarkan suara, pilihan speaker menjadi sangat penting. Pada waktu pertama PC ini ada, keluaran suara yang dihasilkan sangat kecil, karena menggunakan speaker yang kecil dan belum ditunjang oleh multimedia. Dengan berjalannya

waktu maka pada era 90an mulai ada soundcard yang dikeluarkan oleh creative dengan soundblasternya membuat dunia multimedia semakin marak.

Perkembangannya saat ini semakin canggih, dimana soundcard yang dilengkapi dengan sub-woofer menjadikan kualitas suara sangat bagus dan menarik.

Pertimbangan dalam memilih speaker adalah :

Besarnya PNPO yang ada pada speaker tersebut
Spesifikasi komputer yang dimiliki
Ruangan kerja kita, lingkungan sekitarnya, dan suasananya sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitar.

9. Keyboard

Jenis keyboard pada saat ini mulai dikembangkan dengan multimedia yang ada, dimana pada keyboard terdapat tombol-tombol multimedia yang dapat digunakan seperti power down, cd player dan connect internet. Perubahan ini sangat signifikan pada dunia IT yang terus menerus berinovasi, agar pasar terus berkembang, dimana sebelum tahun 90an keyboard masih sangat terbatas fasilitasnya. Saat ini sudah berkembang begitu pesat, sehinga sampai pada jenis wireless. Untuk keyboard jenis ini kemampuan tangkapnya pada radius 5-7 m dalam open room atau ruangan terbuka. Keyboad dan mouse ini (biasanya dalam satu paket) dapat digunakan untuk presentasi dimana presenter tidak harus dekat dengan komputer tersebut.

10.Mouse

Mouse juga berkembang dengan pesat, mulai dari yang tanpa kabel wireless hingga yang berjenis optic. Beberapa perusahaan ada yang mengeluarkan produk secara 2in1 (yaitu keyboard dan mouse) ada pula yang mengeluarkan 3in1 yaitu plus speaker. Dari segi harga memang lebih murah, tetapi ada juga kelemahannya yaitu pada kualitas suara kurang bagus.

11.Monitor

Jenis monitor yang ada juga mengalami perkembangan teknologi yang luar biasa, dimana pada awalnya monitor menggunakan dua warna (B/W) pada saat ini sudah berkembang hingga LCD. Banyaknya jenis maupun merk yang beredar di pasaran memudahkan bagi pemakai untuk menyesuaikan tingkat kebutuhan dan kondisi kantong yang ada. Bagi yang ingin menikmati tampilan bagus dengan resolusi yang tinggi dapat menggunakan jenis LCD yang harganya mencapai US$ 495, sedang bagi yang tidak menuntut hal di atas dapat memperolehnya dengan harga US$ 88. Untuk ukuran 15” hampir semua merk seperti LG, SPC, Samsung, GTC, maupun Philips ditawarkan dengan harga yang relatif sama. Ada pula beberapa merk monitor yang ada meski dengan kemampuan resolusi sama menawarkan harga yang lebih rendah seperti Advance, Casper dan masih banyak lagi.

12.VGA

Graphic adapter ini sering diminati para maniak game, dimana tuntutan graphic pada jenis permainan tertentu sangat menuntut tingginya resolusi graphic adapter ini, sehingga tidak heran harga yang ditawarkanpun sangat tinggi. Untuk ukuran 32 MB saja harganya mencapai 500 ribuan, sementara untuk kebutuhan normal 8-16 MB harganya berkisar 150-175 ribuan. Tetapi ini tergantung dari pabrik yang mengeluarkan produk ini.

Produsen pembuat graphics adapter berlomba-lomba dengan menampilkan kemampuannya, baik yang 3D maupun yang lainnya. Semua ini adalah untuk mendukung fasilitas komputer yang ada, tinggal pilihan pada kita seberapa besarkah kebutuhan kita akan resolusi tersebut, dan dana yang tersedia apakah cukup. Jika kebutuhan terhadap pekerjaan yang kita lakukan tidak menuntut untuk yang tinggi mengapa kita harus membuang uang, sehingga cukup dengan yang resolusi rendah saja.

13.Soundcard

Disamping jenis dan kualitas suara yang dihasilkan, bentuk dan model Soundcard sangat beragam. Bagi yang senang dengan sound system pilihan output suara menjadi salah satu pertimbangan untuk menentukan jenis dan harganya. Semakin bagus kualitas suara yang dihasilkan semakin mahal pula harga yang ditawarkan. Para vendor telah menciptakan chip ini dalam satu kesatuan dengan Main Board, sehingga sangat effisien baik dari segi harga maupun output yang dihasilkan.

Jika semua komponen di atas dirakit menjadi satu unit komputer yang siap untuk dioperasikan, pastikan bahwa semua jaringan dan posisi komponen sudah terpasang dengan baik, jangan sampai ada kabel yang terbalik, karena dapat mengakibatkan salah fungsi dan terbakar.

Mengenal dasar Komputer

Komponen-Komponen Dasar Komputer

Komponen Dasar komputer merupakan bagian yang harus ada dalam sebuah sistem komputer, karena dalam sebuah sistem komputer jika satu saja dari komponen Dasar tersebut tidak ada, maka sistem komputer pun tidak akan berjalan atau tidak befungsi sebagaimana yang diharapkan
Komponen Dasar dalam sistem komputer ada tiga yaitu:

Hardware
Software
Brainware



Hardware

Hardware atau perangkat keras dalam sistem komputer merupakan komponen yang secara fisik dapat dilihat dan diraba yang membentuk suatu kesatuan sehingga dapat difungsikan.
Perangkat tersebut antara lain adalah:


Keyboard
Mouse
CPU
Monitor
Printer





Software

Software atau perangkat lunak adalah suatu program yang berisi instruksi-instruksi (perintah) yang dimengerti oleh komputer. Perangkat komputer yang terdiri dari jutaan komponen elektronik tidak dapat melakukan kegiatan apapun tanpa adanya software. Dengan adanya software ini kita dapat meminta pada komputer untuk : mengetik suart/dokumen, menghitung, menggambar, megeluarkan suara dan lain sebagainya.

Software dapat dibedakan berdasarkan fungsinya antara lain yaitu:

Sistem Operasi



Aplikasi




































Sistem Operasi

Software Sistem Operasi, berfungsi sebagai :

Interpreter yaitu: Menterjemahkan perintah dari software aplikasi kedalam perintah yang di mengerti oleh computer
Configurasi Hardware yaitu: Mengenal peralatan pendukung komputer (pheriperal)
Manajemen File yaitu: Pengolahan File (data dan program). Contoh sistem operasi: Windows, Linux, dll



Aplikasi

Software Aplikasi ini dikelompokan berdasarkan fungsi atau bidang pekerjaan yang dilakukan, Software aplikasi yang umum ada di pasaran antara lain :


Pengolah Kata (Word Processing) Contoh: Microsoft Word, Word Perfect, Open Office, dll
Pengolah Angka atau Data tabel (Spreadsheet) Contoh: Microsoft Excel, Lotus 123, Super Calc, dll
Pengolah Database Contoh: Microsoft Access, Fox Pro, dll
Membuat Slide Presentasi Contoh: Microsoft Power Print, Story Board, dll
Pengolah Gambar Contoh: Adobe Photoshop, ACD See dll
Java Bahasa Pemrograman Contoh: Pascal, Java, Visual Basic, dll
Game (Software Permainan) Contoh : PC Game
Dan lain sebagainya




Brainware

Brainware yaitu pemakai komputer atau orang yang mengoperasikan komputer (User), karena secanggih apapun komputer jika tidak ada orang mengopersikan (user) nya maka komputer tersebut tidak dapat digunakan.
User atau pemakai komputer ada 3 tingkatan yaitu:


Sistem Analis
Programer
Operator






Interaksi antara Komponen

Dari ketiga komponen dalam sebuah sistem komputer yaitu Hard ware, Soft ware dan Brainware, satu dengan lainya saling berkaitan erat. Jika satu komponen saja tidak ada maka sistem komputer tidak dapat berjalan. Karena komputer hanya merupakan rangkaian komponen-komponen elektronik yang dapat berfungsi atau bekerja bila semua komponen utama-nya saling mendukung. Ketiga komponen pengolah data dalam sebuah sistem komputer dapat digambarkan seperti pada gambar di samping.

Spesifikasi komputer untuk pemula

Cara memilih Spesifikasi komputer terbaik sesuai kebutuhan anda saat membeli komputer baru - bagi pemula
Sebenarnya, harga yang toko itu tawarkan terbilang sudah murah. Namun tahukah Anda, kalau Anda cukup mengenal spesifikasi hardware komputer dan harga yang sedang berkembang, Anda bisa membeli komputer ‘paket murah’ itu dengan harga yang lebih murah lagi. Caranya dengan memilih satu per satu spesifikasi hardware komputer yang ingin Anda beli.

Namun, jalan menuju ke sana (belanja komputer dengan memilih satu per satu komponen hardware) butuh waktu dan harus selalu mengikuti perkembangan harga dan teknologi. Namun bagi Anda pengguna baru, jangan berkecil hati, ada beberapa tips yang saya sarikan ke dalam ‘Sepuluh Tips’ yang bisa Anda jadikan rujukan agar bijaksana saat berbelanja komputer.

Saya berasumsi, Anda adalah tipe pembeli (pengguna) komputer kebanyakan, yang ingin menggunakan komputer untuk hampir semua keperluan, mulai dari mengetik, mendengar lagu, menonton film, bahkan bermain game kelas menengah. Agar Anda memperoleh komputer yang layak pakai untuk berbagai kebutuhan hingga beberapa tahun ke depan, budget yang harus Anda siapkan sedikitnya Rp 3 juta. Jangan berpikir harga itu terlalu mahal, kita lihat dulu spesikasi komputer seperti apa yang Anda peroleh dengan harga sebesar itu.

Langkah pertama yang harus Anda pertimbangkan saat membeli komputer adalah memilih motherboard yang pas. Memilih motherboard bisa gampang-gampang susah karena begitu banyak merek dan jenisnya. Ada dua jenis motherboard berdasarkan pabrikannya, yaitu Intel dan AMD. Kedua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam hal pemilihan motherboard yang ‘cocok’ terlepas dari buatan pabrikan apapun itu, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Apakah motherboard itu sudah mendukung harddisk SATA dan tersedia berapa slot? Berapa slot RAM DDR2 (memori) yang dimilikinya? Apakah menyediakan slot ekspansi untuk kartu grafis? Berapa slot PCI-nya? Hingga sejauh mana motherboard itu mendukung kalau kita meng-upgrade prosesornya?

Wow, bahasanya teknis sekali, apa maksud Anda sebenarnya? Sabar, saya akan jelaskan satu per satu dan langsung ke pokok pembahasan. Tips pertama yang harus Anda perhatikan saat membeli komputer adalah jangan membeli prosesor kelas Celeron yang harganya jauh lebih murah, kecuali Anda sangat sensitif terhadap selisih harga. Lebih baik Anda membeli prosesor generasi lebih baru seperti Pentium 4 Hyper-Threading (HT), Pentium D, Dual Core atau Core 2 Duo. Anda bisa saja membeli prosesor Intel kelas Celeron (Misal Celeron 2,66 GHz, harga sekitar Rp 325.000) namun kinerja komputer akan menurun drastis apabila menjalankan banyak aplikasi sekaligus (multi-tasking) dibandingkan kita menggunakan Pentium E2140 1.6GHz (Dual Core) seharga sekitar Rp 700.000 atau Pentium 4 631 berkecepatan 3.0 GHz HT seharga sekitar Rp 650.000. Khusus untuk jajaran prosesor berlabel Pentium E2xxx dibangun dari mikroarsitektur Core (seperti halnya prosesor Core 2 Duo), namun dengan beberapa pengurangan spesifikasi. Contohnya FSB cuma 800MHz, L2 cache cuma 1MB, serta tidak mendukung VT (virtualisasi). Namun kehebatan prosesor seri ini adalah kemampuan overclock-nya yang sangat tinggi.

Tips kedua, beli harddisk berjenis SATA II. Alasannya, harddisk jenis ini kecepatan baca tulisnya sudah lebih cepat (teoritisnya 300MB/detik) dan harganya malah lebih murah dibandingkan harddisk berjenis PATA (harddisk model lama). Tips ketiga, jangan membeli harddisk ukuran 80 GB. Sudah lebih bijak kalau kita membeli harddisk ukuran 160 GB saja karena selisih harganya tipis, sekitar Rp 50.000 - Rp 80.000.

Tips keempat, beli memori yang sudah DDR2. Oleh sebab itu, pastikan motherboard yang kita beli sudah mendukung memori jenis ini. Selain kemampuannya sudah lebih baik, memori versi lama seperti SDRAM dan DDR harganya malah lebih mahal. Lihat saja harga memori DDR2 PC-4200 ukuran 1GB merek Kingston harganya sekitar Rp 340.000 sedangkan harga memori versi sebelumnya DDR 400 PC-3200 1 GB merek Kingston, harganya dua kali lipat, Rp 600.000.

Tips kelima, beli memori DDR2 minimal berukuran 512 MB. Walaupun komputer yang kita beli ditujukan hanya untuk pekerjaan mengetik atau mendengar lagu, namun sistem operasi sekarang ini membutuhkan memori yang besar. Agar bisa menggunakan Windows XP dengan cukup nyaman, mempunyai memori 512 MB sudah menjadi keharusan. Pilihan paling bijaksana, Anda membeli memori DDR2 ukuran 1 GB (667 PC-5300) yang harganya sekitar Rp 250.000. Soalnya, buat apa membeli memori lebih kecil seperti 256 MB (Rp 130.000) atau 512 MB (Rp 150.000) kalau harganya hanya terpaut tipis dengan memori 1 GB. Sudah bisa dipastikan, memori DDR2 1 GB akan mendongkrak kinerja komputer menjadi lebih cepat dan mampu menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan.

Komputer Bagus untuk Segala Kebutuhan
Qty Spesifikasi Harga (perkiraan)
1 Motherboard ASUS P5GC-MX Supports Core 2 Duo CPU Rp 540,000
1 Processor Dual Core Pentium E2160 1.8GHz Rp 748,000
1 DDR2 1 GB 667 PC-5300 Rp 225,000
1 Maxtor Harddisk 160 GB 7200 RPM SATA II, 2 MB Cache Rp 525,000
1 Samsung Combo CD Rewriter Rp 231,000
1 Locent Internal Modem Rp 45,000
1 Casing merek Ecase Rp 140,000
1 set Keyboard standar dan mouse optik Rp 30,000
1 Monitor LG 17″ SemiFlat Rp 780,000
1 Kartu Grafis Sparkle GeForce 7600 GT 256 MB (optional) Rp 1,200,000
Total Biaya Rp 3,264,000

Tips keenam, jangan beli CD-ROM biasa atau CD-RW. Pilihan paling bijaksana, kita membeli DVD Combo (DVD-ROM plus CD-RW), artinya kita bisa memutar dan membakar data ke CD sekaligus memutar DVD. Alasan pertama, karena harga DVD Combo sudah sangat murah. Alasan kedua, sekarang sudah era menggunakan DVD. Harga CD-ROM biasa sekarang ini berkisar antara Rp 120.000 – Rp 150.000. Bila dibandingkan dengan harga CD-ROM itu, harga DVD Combo cuma lebih mahal Rp 100.000 – Rp 150.000. Kalau Anda punya dana tambahan, bisa membeli DVD-RW (bisa membakar data ke CD dan DVD) dengan harga sekitar Rp 350.000.

Tips ketujuh, pastikan motherboard memilik slot PCI yang cukup. Sebisa mun
gkin motherboard memiliki 1x PCI Express x16, 2x PCI Express x1, dan 1x PCI. Bagi Anda yang ingin menikmati bermain game lebih dahsyat, kehadiran slot PCI Express x16 sudah menjadi keharusan. Di dalam slot inilah kita menambahkan kartu grafis tambahan agar bisa memainkan game 3D favorit atau membuat komputer kita layak diinstal Windows Vista. Bagi Anda yang mempunyai budget terbatas, kartu grafis onboard (onboard VGA) – sudah ditanam di motherboard – sudah cukup untuk memainkan game-game ringan (bukan 3D). Namun bagi Anda yang punya dana tambahan, tidak ada salahnya menambah kartu grafis kelas menengah seperti seri 7 (depannya angka 7). Misalnya GeForce 7200GS (merek apa saja) dengan harga sekitar Rp 400.000 – Rp 500.000. Kalau mau lebih bagus lagi dan harganya tentu lebih mahal lagi, Anda bisa memilih mulai dari GeForce 7300 GT hingga 7600 GT. Kartu grafis kelas lebih tinggi lagi adalah seri 8 seperti Geforce 8600GT/S atau Geforce 8800GTS. Sedangkan slot PCI Express x1 berguna kalau kita ingin menambah modem, kartu suara, TV Tuner, dan sebagainya.

Tips kedelapan, beli casing PC dengan power listrik yang mendukung kebutuhan hardware PC dan mempunyai front USB dan Audio. Daripada capek-capek colok flashdisk atau earphone ke belakang PC, lebih baik beli casing yang sudah menyediakan front USB dan Audio. Sekarang hampir semua motherboard menyediakan fasilitas front USB dan Audio, jadi sangatlah bijaksana kalau kita membeli casing yang ada front USB dan Audio-nya.

Komputer Ekonomis untuk Kebutuhan Standar
Qty Spesifikasi Harga (perkiraan)
1 Motherboard ASUS P5GC-MX Supports Core 2 Duo CPU Rp 540,000
1 Processor INTEL Celeron D 346 3.06 GHz Rp 415,000
1 DDR2 512 MB 533 PC-4200 Rp 135,000
1 Maxtor Harddisk 80 GB 7200 RPM SATA II, 2 MB Cache Rp 470,000
1 Samsung CD-RW Rp 170,000
1 Locent Internal Modem Rp 45,000
1 Casing merek Ecase Rp 140,000
1 set Keyboard standar dan mouse optik Rp 30,000
1 Monitor Multimax 17″ SemiFlat Rp 660,000

Total Biaya Rp 2,605,000

* Toko komputer yang baik biasanya memberikan mouse pad, plastik monitor dan keyboard secara gratis
* Harga diperoleh berdasarkan pengalaman belanja komputer akhir Jan 2008
* Harga bisa berubah-ubah

Tips kesembilan, beli monitor dengan ukuran minimal 17″. Era monitor 15″ sudah berlalu. Daripada ‘malu-maluin’, mengaku punya PC dual core namun monitornya 15″, lebih baik bersikap bijaksana. Sebab harga monitor 17″ sudah bisa kita peroleh dengan harga terjangkau. Kalau yang bermerk ‘kurang terkenal’ kita cukup membayar sekitar Rp 660.000,-. Kalau Anda mau yang ‘punya merk’ seperti LG semiflat, Anda cukup keluar uang sekitar Rp 780.000. Bagi Anda yang punya dana lebih, bisa memilih monitor LCD yang hemat tempat dan hemat listrik, harganya mulai dari Rp 1,5 juta.

Tips kesepuluh, jangan malas bertanya. Tanyakan ke toko penjual sejauh mana layanan mereka kalau komputer bermasalah, lama garansi, catat alamat dan nomor telepon toko tersebut. Ada baiknya, kita membeli komputer langsung ke toko penjual. Kalaupun membeli komputer dari pameran, luangkan waktu untuk mampir ke toko mereka dan jalin komunikasi. Anda juga perlu mampir ke toko-toko lain untuk membandingkan layanan dan harga.
Hal-hal lain seperti dukungan motherboard untuk jaringan (LAN), USB port, mouse, atau keyboard tidak perlu Anda cemaskan karena motherboard masa kini sudah mendukungnya secara on-board. Jadi Anda tidak perlu lagi menambah kartu LAN, kartu USB, dan sebagainya. Sedangkan untuk speaker standar bisa Anda peroleh dengan harga Rp 15.000, satu set keyboard dan mouse optik standar sekitar Rp 30.000.

Selasa, 27 Desember 2011

Apa itu Komputer?


Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More